Dengan 5 Cara Ini, Anda Tak Perlu Lagi Takut Naik Pesawat Terbang


Ligapoker.org ~ Anda takut naik pesawat? Sekarang saatnya menghilangkan rasa takut yang tak perlu itu! Dengan 5 Cara Ini, Anda Tak Perlu Lagi Takut Naik Pesawat Terbang!
Liburan akhir tahun merupakan saat yang dinanti-nanti oleh setiap anggota keluarga. Perjalanan menuju tujuan pun dilakukan dengan banyak cara termasuk dengan naik pesawat. Namun  bagi sebagian orang, justru menjadi momen yang menggelisahkan, karena rasa takut naik pesawat. Mengapa hal ini dapat terjadi?
Kecemasan sering mendatangi penumpang setelah pintu pesawat terkunci. Terlebih ketika pesawat mulai mesin mulai menyala dan siap untuk take off. Jantung terasa tak berada ditenpatnya dam nafas kembang kempis. Seperti ketika Anda menaiki permainan atau wahana histeria atau roller coaster. Samakah?
Matthew Price, seorang psikolog klinis dari University of Vermont yang meneliti mengenai gangguan ansietas, mengatakan bahwa tidak ada penjelasan khusus mengenai alasan mengapa seseorang mengalami fobia ini. Namun menurutnya, ada beberapa alasan.
Misalnya, takut karena belum pernah naik pesawat sebelumnya, pengalaman buruk dengan penerbangan sebelumnya, mendengar berita kecelakaan pesawat yang membuatnya trauma, atau cemas karena berada di ruang tertutup tanpa jalan keluar.
Namun demikian, rasa takut naik pesawat bisa diatasi dengan menerapkan strategi yang tepat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan rasa takut naik pesawat:

1. Kenali apa yang membuat Anda takut

Dengan mengenali ini, Anda dapat mempelajari dengan lebih seksama bagaimana terpicunya kecemasan Anda. Tujuan dari hal ini adalah untuk mengidentifikasi hal-hal spesifik yang menimbulkan kecemasan saat naik pesawat. Dengan demikian, Anda dapat membantu mengatasinya. Mengetahui apa yang membuat Anda takut dapat mempermudah mengatasi rasa takut tersebut.

2. Bepergian bersama keluarga atau teman

Bepergian bersama rombongan membuat Anda dapat mengisi waktu dengan mengobrol dan bercerita selama di pesawat. Sehingga Anda dapat melupakan rasa takut selama di perjalanan. Cara ini juga membuat Anda dapat menjalin hubungan yang lebih baik bersama keluarga atau teman Anda.

3. Lakukan kegiatan selama di pesawat

Saat melakukan perjalanan jauh, isi waktu Anda dengan beraktivitas. Anda dapat membaca buku atau novel, mendengarkan musik atau menonton film dari gadget. Dengan melakukan berbagai kegiatan, Anda akan sejenak melupakan rasa takut dan dapat terbang dengan nyaman.

4. Pilihlah waktu terbang yang paling nyaman

Hhal lain yang dapat Anda lakukan adalah menyesuaikan jadwal penerbangan dengan waktu istirahat Anda. Misalnya, bila memilih pesawat yang terbang malam hari dan sampai di tempat tujuan pada pagi hari, tidurlah di pesawat, sehingga Anda bisa bangun dengan segar dan siap beraktivitas di tempat tujuan. Jika Anda dapat tidur dengan mudah, pikiran menjadi tidak dihantui oleh rasa takut naik pesawat.

5. Konsultasi dengan pakarnya

Bila berbagai cara telah dicoba namun rasa takut naik pesawat masih ada, konsultasikan dengan psikiater atau psikolog untuk dievaluasi lebih lanjut. Dengan berdiskusi dan membahas lebih saksama mengenai rasa takut yang Anda alami, Anda bisa mendapat solusi agar merasa nyaman melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang di kemudian hari.
Rasa takut naik pesawat merupakan salah satu fobia yang umum dijumpai. Namun, seperti fobia lainnya, juga terdapat berbagai strategi yang dapat diterapkan agar Anda dapat mengatasi rasa takut tersebut.
 Semoga Bermanfaat , Salam Ligapoker

Buruan Daftar Di Ligapoker.org


Previous
Next Post »